cari mobil bekas

Data Log In

Masuk

Mendaftar

Pengunjung

Tips dan Triks Aman Untuk Mengetahui Jenis Oli Mesin Yang Tepat Untuk Mobil Anda

Showroom Jakarta

Anda yang memiliki mobil  baru tentu tidak perlu repot untuk urusan penggantian oli. Tips dan Triks Aman Untuk Mengetahui Jenis Oli Mesin Yang Tepat Untuk Mobil Anda

 Hal ini dikarenakan mobil baru anda masih dirawat di bengkel resmi dan anda tinggal mengikuti oli yang direkomendasikan oleh dealer tempat anda membeli kendaraan.akan tetapi hal ini tidak berlaku bagi anda yang sudah tidak merawat kendaran kesayangan di bengkel resmi, dan tentu saja sudah tak asing lagi ketika anda harus mengunjungi toko atau bengkel spesialis ganti oli terdekat di tempat anda.

Ada beberapa Permasalahan yang akan timbul yakni oli jenis apa yang cocok untuk kendaraan anda. Banyaknya merk oli dengan beragam harga, dari puluhan ribu per liter hingga yang ratusan ribu per liter banyak beredar di pasaran. Sehingga timbul pemikiran bahwa oli yang mahal itu selalu bagus dan pasti cocok untuk mobil anda. Gencarnya promosi dari marketing yang gigih menawarkan pada anda untuk membeli oli mereka. baca juga penyebab suara mesin diesel berisik

Sebenarnya Oli merupakan pelumas yang dirancang untuk melumasi bagian bergerak pada mesin agar seluruh komponen mesin dapat bergerak dengan lancar gar tidak mengalami kemacetan.. Coba deh kalian bayangkan bila logam bergesekan dengan logam tanpa ada pelumas, maka dapat dipastikan akan macet total. Oli juga berfungsi untuk membersihkan bagian dalam mesin dari kotoran-kotoran sisa pembakaran.

Koreksi buku manual mobil anda,  lalu cari hal yang berhubungan dengan Spesifikasi, service dan perwatan berkala. Nah di halaman tersebut, kamu bisa dapatkan spesifikasi dari oli yang cocok untuk digunakan pada mobil anda termasuk berapa liter oli yang diperlukan. Bukan hanya oli mesin, spesifikasi oli transmisi dan oli gardan pun turut dijelaskan dalam bagian itu. Apabila buku manual mobil anda sudah tidak ada, anda bisa mencari informasi ini di mbah GOOGLE  ataupun bertanya pada teman di komunitas pengguna mobil yang sama, biasanya mereka pastinya akan dengan senang hati berbagi referensi dan informasi seputar hal tersebut. baca lagi manfaat baby oil bagi mobil

Biasanya oli hanya mempunyai dua spesifikasi yaitu, SAE* menunjukkan tingkat kekentalan dan API SERVICE yang menunjukkan kualitas atau daya tahan oli tersebut dalam melumasi mesin anda. Kekentalan oli pun sangat beragam, Contohnya saja SAE 0W-30, 5W-30, 10W-40, 15W-40, 15W-50, 20W-50 dan 80W-90** untuk oli dengan tingkat kekentalan ganda serta SAE 30, 40, 90** dan 140** oli ditingkat kekentalan tunggal

Beda halnya dengan API SERVICE*** angka yang tertera selalu diawali dengan huruf S dan C (oli mesin bensin dan mempunyai huruf S dan huruf C untuk oli mesin diesel). Jika huruf vyang tertera adalah SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ, SM dan seterusnya berarti oli tersebut untuk mesin bensin dan abjad kedua setelah huruf S menunjukkan kualitas serta daya tahan oli. Jadi semakin tinggi abjad di belakang huruf S maka akan semakin tinggi pula kualitas perlindungan yang diberikan oleh oli. Begitu juga dengan oli untuk mesin diesel yang selalu diawali dengan huruf C yaitu, CA, CB, CC, CD, CE, CF, CG, CH, CI, CJ dan seterusnya.

Kita bisa melihat contoh sebagai berikut, apabila petunjuk dalam buku manual dijelaskan bahwa kendaraan anda menggunakan oli mesin dengan SAE 10W-40 dan minimal API SERVICE SJ, jadi kalian tinggal mencari oli dengan spesifikasi yang sesuai (perhatikan SAE nya dan API SERVICE). Apabila di toko sparepart ata bengkel anda ada oli dengan SAE 10W-40 dan API SERVICE SM, maka oli ini bisa anda pakai! Walaupun yang diperlukan kan hanya SJ lalu kenapa saya boleh menggunakan oli jenis SM? Di dalam spesifikasi disebutkan minimal SJ, nah itu berarti bahwa anda boleh memakai oli dengan API SERVICE SJ ke atas, yang penting jangan sampai di bawah minimal.

Di toko atau bengkel, banyak sekali beredar merk oli yang menyediakan spesifikasi yang sama, maka sekarang pilihan ada di tangan anda, anda ingin menggunakan merk yang mana. Sebagai bahan pertimbangannya mungkin bisa kembali pada harga, jika anda fanatik dengan merk X atau oli merk X tersebut memang diperuntukkan untuk kendaraan anda.

Jadi kalian jangan terlalu mudah untuk masuk ke dalam bujuk rayu penjual yang “memaksa” anda membeli oli merk tertentu dengan harga yang sangat mahal dan mengatakan oli itu bagus untuk mesin mobil anda. Karena bisa jadi oli tersebut memang oli yang bagus dan mempunyai harganya memang mahal, namun apakah memang oli itu yang jadi kebutuhan mesin anda? Hal ini dikarenakan oli-oli mahal ini umumnya memiliki tingkat kekentalan yang rendah (cenderung encer) dan berkualitas tinggi tapi hanya cocok untuk mobil-mobil dengan teknologi mesin yang maju atau mobil yang dioperasikan di wilayah dengan suhu udara yang dingin dan mengalami musim salju. Mengapa bias terjadi demikian? mesin-mesin canggih yang beredar saat ini dirancang dengan kerapatan antara komponen yang sangat presisi, sehingga celah antara komponen pun sangat kecil, itulah sebabnya mesin jenis ini butuh oli yang lebih encer supaya mudah untuk dipompakan dan dialirkan ke seluruh penjuru mesin. Jadi tentunya akan mubazir bukan jika mobil anda masih mengusung teknologi lawas dan harus menggunakan oli yang bisa dikatakan over spec dan mahal, apalagi kita hidup di negara dengan iklim tropis panas.

Keterangan:

*SAE: Society of Automotive Engineers, adalah badan atau instansi yang berwenang untuk menentukan tingkat kekentalan oli dan fungsi dari oli tersebut.

**Oli dengan tingkat kekentalan ini umumnya digunakan sebagai pelumas penerus daya mesin seperti transmisi dan gardan.

***API SERVICE: American Petroleum Institute, adalah badan atau instansi yang berwenang untuk melakukan uji coba terhadap oli dan menentukan kualitas oli yang dihasilkan oleh produsen.

Semoga bermanfaat

Posted by Seno Senders

 

 

Sponsored
Gallery Foto