cari mobil bekas

Data Log In

Masuk

Mendaftar

Pengunjung

Tips dan Triks Menghemat Bahan Bakar kendaraan Anda

Bagi kalian yang sering berkendara menggunakan kendaraan pribadi kesayangan anda maka anda bisa mengurangi biaya bensin atau bahan bakar dengan menerapkan gaya eco driving. Tips dan Triks Menghemat Bahan Bakar kendaraan Anda Namun hal tersebut tidaklah cukup, ada beberapa trik supaya konsumsi bahan bakar mobil lebih irit. berikut mas senders akan memberikan tips dan triknya:

  1. Melakukan perawatan rutin kendaraan di bengkel kepercayaan anda
    Salah satu hal perawatan yang paling penting adalah memperhatikan tingkat kekentalan dan kadar minyak pelumas sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh produsen. ( jangan ganti oli sembarangan sebelum baca ini) lain yang sangat penting diperhatikan adalah filter. Filter udara, filter bahan bakar, dan filter oli membuat perbedaan besar dalam memastikan mesin berjalan pada efisiensi bahan bakar yang baik. Pastikan juga busi dalam keadaan bersih tanpa ada kotoran penyumbat.
  2. Perhatikan tekanan udara pada ban
    Semua pabrikan ban telah merekomendasikan tekanan udara pada ban kendaraan untuk memastikan mobil dikendarai dengan aman. Ban yang kempes dapat menyebabkan gesekan dan itu akan mengarah pada energi kinetik yang bias hilang. Tekhnik lainnya adalah meningkatkan tekanan udara di ban beberapa psi. Hal tersebut dapat membuat lapisan samping ban menjadi lebih kencang dan mengurangi kontak dengan aspal namun sisi negatifnya bisa menyebabkan ban meledak. penting dibaca Tekanan ban yang aman dan ideal untuk mobil anda
  3. Kendarai mobil dengan perseneling yang tepat
    Tujuan anda menyetir tentu bukan mau ngebut sehingga ketepatan penggunaan gigi perseneling dengan putaran mesin akan memberikan penghematan bahan bakar. Apalagi jika Anda berada di area lalu lintas yang macet. Banyak kesalahan lain yang sering dilakukan orang adalah sering memaksakan mesin berputar hingga red line sebelum mengganti gigi.

Tips lainnya yaitu, ketika kamu melewati jalanan menurun sebaiknya menggunakan gigi yang lebih rendah dan tidak menggesernya ke netral. Jika anda menggeser persneling ke posisi netral berarti RPM mobil dalam keadaan diam dan oleh karena itu dikontrol oleh ECU. Sebagai alternatif, berada di gigi yang lebih rendah akan memastikan bahwa RPM bergantung pada kecepatan engine dan mempertimbangkan fakta bahwa throttle tertutup sebanyak yang dimungkinkan oleh ECU. baca juga tips perpanjang usia mobil matic anda

  1. Menghindari muatan yang berlebih
    Nah muatan yang berlebih adalah musuh anda ketika ingin berharap konsumsi bahan bakar lebih irit. Karena anda tidak mungkin meminta anggota keluarga untuk turun dari mobil demi berhemat bahan bakar, atau membuang ban cadangan, tool kit. Jadi sebaiknya yang bisa dilakukan adalah dengan tidak membawa barang yang tidak diperlukan selama perjalanan, bawa secukupnya saja.
  2. Tutup selalu jendela mobil anda
    Menutup jendela dapat membuat mobil lebih aerodinamis dengan tidak adanya hambatan maupun aliran udara yang masuk ke mobil. Disamping itu, mobil dengan Air Conditioner membuka jendela maka akan dapat membebani mesin karena butuh pendinginan ekstra dan tentu saja hal ini akan menambah pasokan bahan bakar menjadi lebih boros. Pada waktu parkir pun lebih baik berada di tempat yang teduh sehingga ketika mobil akan digunakan lagi tidak butuh banyak waktu dan konsumsi bahan bakar untuk pendinginannya.
  3. Menghindari jalur macet atau cari jalan alternatif
    Hindari situasi di mana mobil berada di daerah kemacetan. Sementara biasanya untuk mobil berakselerasi awal membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Jika mobil Anda memiliki teknologi idling stop maka pergunakanlah, karena hal ini akan sangat membantu jika Anda berada dalam situasi kemacetan lalu lintas dan kemudian berhenti secara berulang ulang

Semoga Bermanfaat

Posted By Seno Senders

Sponsored
Gallery Foto