cari mobil bekas

Data Log In

Masuk

Mendaftar

Pengunjung

Tips dan Triks Mudik Aman Selamat Sampai Tujuan

Bukan hal aneh bagi anda yang sudah sering melakukan perjalanan jauh melalui jalur darat Pada Tips dan Triks Mudik Aman Selamat Sampai Tujuan ini mas Senders  akan memberikan tips  

tentang apa saja yang harus disiapkan sebelum hari berangkatan.

Dalam menempuh perjalanan jauh via darat, baik bagi yang sudah sering atau yang  pertama kali melakukannya, pasti sama sama memerlukan persiapan Hanya saja perbedaannya, yaitu: bagi yang sudah berpengalaman persiapannya hanya mencakup yang penting saja, sedangkan bagi yang sama sekali belum pernah, pasti persiapannya akan sangat berlebihan.

Nah apabila anda orang perantauan dari kampong yang sangat jauh pasti tergoda untuk merasakan sendiri pengalaman melakukan perjalanan jauh via darat, dengan menyetir sendiri kendaraan anda. Keuntungan yang didapat dengan melakukan perjalanan dengan menyetir sendiri, yaitu : anda tidak perlu antre nyari ticket, bebas berangkat jam berapapun, bebas beristirahat dimana saja dan kapan saja, dapat berkunjung dulu ke tempat wisata di daerah yang kita lewati, dll. Hal ini sangat cocok bagi anda yang berjiwa petualang

Bila dilihat dari segi biaya jelas sangat hemat bro! dan tidak ada ongkos berlebih untuk jalan and jajan. Uenaaak toh? Keren toh? Terus kerugiannya? Dijamin Tidak ada kerugiannya Maz Bro.

Tips Penting Untuk Anda dan Keluarga.

  1. Wajib untuk menjaga agar badan tetap fit, tidur yang cukup dan melakukan olah raga.
  2. Jangan lupa untuk memakai jaket hangat yang cukup tebal agar terhindar dari udara yang dingin atau pengaruh ac dalam perjalanan.
  3. Bawalah minimal 5 set pakaian casual (daleman+luaran), 2 set pakaian “resmi” plus handuk. Untuk para pria pakaiannya bisa dimasukkan semuanya dalam satu tas.
  4. Untuk anda yang mempunyai balita wajib untuk membawa 3 kali lipatnya dan dipisahkan dalam tas atau koper yang telah anda sediakan dan harus terpisah agar mudah pada saat akan digunakan.
  5. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan pribadi seperti: sikat gigi, sisir, deodorant, shaver, dll.
  6. Bawalah sabun mandi cair, shampoo odol dan obat kumur untuk dipakai rame-rame.
  7. Sediakan obat-obatan, seperti betadine obat luka ringan, minyak gosok, minyak angin, obat mag, obat flu, obat pusing kepala, obat anti mabuk perjalanan, obat anti diare dan obat tetes mata di dalam mobil jadikan satu didalam kotak P3K
  8. Siapkan tissue, tissue basah jumbo dan gel pencuci tangan di dalam kendaraan.
  9. Payung lipat, lampu senter kecil, gunting kecil dan cutter juga harus dipersiapkan di dalam kendaraan.
  10. Selalu bawa 2 botol besar air mineral dan snacks untuk cemilan agar tidak ngantuk.
  11. Tentukan rute-rute perjalanan, jarak tempuh, perkiraan waktu tempuh sekaligus merencanakan tempat berhenti untuk makan pagi/ siang/ malam atau hotel tempat menginap untuk istirahat yang anda dapat lihat melalui google maps.
  12. Sertakan kaset CD/ VCD/ DVD/ USB yang berisikan lagu-lagu/ musik/ film koleksi kesayangan Anda dan rombongan untuk mengusir rasa kebosanan dan kejenuhan selama perjalanan.
  13. Jangan lupa untuk membawa charge mobil atau power bank untuk mengisi baterai android anda agar dapat selalu memantau kondisi lalu lintas melalui google maps atau berita mengenai jalur alternative pada saat kondisi macet melalui media social

Tips Penting Untuk Kendaraan Anda. 

  1. Periksa kotak P3K, segitiga pengaman, lampu senter besar (harus selalu tersedia)
  1. Periksa perlengkapan darurat, seperti dongkrak hidrolik tipe botol, kunci ban, mini kompressor, kawat sling dalam kondisi OK untuk menarik mobil mogok, 2 set koran bekas dan kain lap bersih.
  2. Periksa kondisi air aki dan perhatikan umur pakai aki anda. baca juga tips melepas kabel aki
  3. Periksa apakah ban cadangan dalam kondisi baik dan tekanan anginnya sesuai.
  4. Periksa tekanan ban-ban depan-belakang dalam kondisi baik dan semua tekanan anginnya sesuai standard.
  5. Tanki BBM harus sudah “full tank”.
  6. Periksa kondisi karet wiper depan dan belakang (bila ada), termasuk semprotan airnya, berfungsi baik. Cek dan isi tangki air wiper sampai batas maksimal.
  7. Periksa spion kiri-kanan serta spion di dalam kabin, masih berfungsi baik, tidak burem, retak atau pecah.
  8. Periksa klakson, lampu utama, lampu jauh/ tembak, lampu seins, lampu kabut, lampu belakang+stop, lampu plat nomer depan-belakang semuanya berfungsi dengan baik.
  9. Periksa apakah rem kaki dan rem tangan berfungsi sangat baik.
  10. Pastikan apakah power window/ manual dan central door lock/ manual berfungsi baik.
  11. Periksa dan pastikan apakah timing belt masih dalam batas umur pakai (umurnya rata-rata max. 80,000 KM).
  12. Periksa kondisi AC + double blower (bila ada) apakah masih berfungsi baik agar nyaman untuk perjalanan jarak jauh.
  13. Periksa apakah tidak ada oli ngebul, tetesan oli dan bau oli terbakar dari ujung knalpot kendaraan anda, hal ini sangat penting agar oli selalu terjaga dengan baik dan tidak habis diperjalanan. baca lagi tips memilih jenis oli yang tepat untuk kendaraan anda
  14. Periksa jangan sampai ada bunyi ekstrim dimesin, seperti mesin jahit kuno saat mesin dihidupkan dan saat mobil berjalan.
  15. Periksa apakah ada bunyi “tikus mencicit”, saat mesin dihidupkan dan saat mobil dijalankan.
  16. Pastikan ke empat roda-roda sudah di-balance dan di-spooring ulang. baca juga gejala ban perlu di spooring dan balancing
  17. Pastikan tidak ada bunyi dengungan di roda-roda akibat dari bearing yang mulai aus/ rusak.
  18. Pastikan kondisi eksterior dan interior sudah rapi.
  19. Pastikan semua pintu, kap mesin dan bagasi terkunci rapat sebelum mulai berangkat.
  20. Pastikan ketersediaan jenis BBM, di sepanjang rute perjalanan, sesuai standard mobil yang dipakai. Apabila standard bbm-nya wajib Pertamax, maka periksa kembali apakah di sepanjang perjalanan SPBU-nya menyediakan bbm jenis ini. Bila ragu-ragu, pakai mobil Anda yang lain saja, yang dengan bbm model apa saja tetap masih bisa  berjalan.

    Tips Hari H Keberangkatan

  1. Sediakan uang tunai secukupnya, misal 2 juta rupiah dan jangan lupa bawa selalu kartu ATM atau E Toll Anda
  2. Siapkan dan periksa kelengkapan surat-surat macam: SIM, STNK dan KTP. Sangat berguna saat ada razia malam oleh pihak berwajib (operasi anti narkoba, orang mabuk, curanmor, dll.) terutama di atas jam 12 malam, di lokasi-lokasi daerah tertentu.
  3. Jangan menaruh barang-barang di ruang penumpang, taruh saja di bagasi.
  4. Taruh barang dengan urutan. Barang yang kurang diperlukan diletakkan paling dalam (misal: koper besar pakaian) dan yang sangat diperlukan di taruh paling luar (misal: payung).
  5. Berdoa dan berzikirlah sebelum berangkat dan selama perjalanan.
  6. Berpikir positif, penuh percaya diri dan menonjolkan sikap santun dan mengalah.
  7. Menjaga irama arus lalu lintas. Bila arusnya cepat Anda juga ikut melaju cepat begitu juga sebaliknya serta selalu jaga jarak aman dan jarak pandang.
  8. Gunakan klakson, lampu hazard, lampu seins dan lampu dim sebagai alat komunikasi paling efektif dengan kendaraan-kendaraan lain, saat di perjalanan.
  9. Jaga kecepatan maksimum disesuaikan dengan beban kendaraan. Semakin berat bebannya, kecepatan maksimumnya semakin rendah.
  10. Wajib mengalah kepada kendaraan yang berukuran besar, seperti bus AKAP dan bus malam.
  11. Menjaga emosi dan hawa nafsu ingin adu cepat dengan kendaraan lain/ ingin cepat sampai.
  12. Waspada dan mematuhi peraturan & rambu-rambu lalu lintas.
  13. Pastikan arah kendaraan sesuai dengan arah ke tujuan. Selalu lihat dan cermati rambu petunjuk arah yang ada di sepanjang perjalanan.
  14. Segera cari tempat aman untuk istirahat/ tidur sejenak sampai rasa kantuk hilang.
  15. Jangan memaksakan diri kemampuan mengemudi manusia umumnya + 4 jam terus menerus, setelah itu kemampuan akan menurun sampai hilangnya konsentrasi atau timbul rasa kantuk yang hebat. 
  16. Berhenti untuk istirahat + 15 menit tiap 4 jam perjalanan. Keluar dari mobil lakukan senam ringan sambil sekalian memeriksa kondisi ban (gembos/ tidak) dan membersihkan kaca lampu-lampu depan, lampu kabut dan lampu belakang agar sinarnya tetap terang.
  17. Apabila ingin istirahat/ tidur sejenak di dalam mobil dengan AC menyala, maka jendela samping kiri-kanan depan-belakang wajib dibuka + 1 cm. Untuk mencegah keracunan gas CO (karbon monoksida) saat tertidur pulas.
  18. Pakai jaket hangat sepanjang perjalanan, untuk menghindari serangan “angin duduk” tanpa tersadar, akibat semprotan angin AC yang terus-menerus ke badan.
  19. Buka jendela samping kiri-kanan depan-belakang secara rutin setiap 1 jam perjalanan, + 30 detik, dalam keadaan sedang melaju agar udara di dalam kabin tetap segar.
  20. Apabila tersesat di jalan, usahakan tetap tenang dan jangan panik Periksa peta/ GPS/ tanya polisi atau penduduk setempat untuk mencari jalan kembali ke rute yang benar.
  21. Apabila anda akan melewati daerah yang terkenal rawan akan kejahatan, tunggu dan cari beberapa kendaraan lain yang searah untuk berjalan berdampingan.
  22. Apabila mesin mobil tiba-tiba mogok, jangan panik. Segera pinggirkan mobil dan parkir di tempat  yang terang dan ramai.
  23. Kebanyakan Mobil mogok lebih banyak (+ 90%) disebabkan oleh masalah kelistrikan dan sistem bahan bakar, maka periksa dulu bagian-bagian tersebut. Untuk masalah kelistrikan paling gampang cek apakah masih ada percikan api di busi-nya. Untuk masalah sistem bahan bakar, cek apakah bahan bakarnya masih bisa mengalir dengan lancar. Atau segera minta bantuan ke bengkel terdekat atau montir panggilan yang banyak terdapat sepanjang perjalanan. 

Semoga Bermanfaat

Posted By Seno Senders

 

Sponsored
Gallery Foto